11 Fungsi Ginjal Manusia (Artikel Lengkap)

Ginjal adalah sepasang organ berbentuk seperti kacang di bawah tulang iga (tulang rusuk). Ukuran panjang masing-masing ginjal manusia dewasa sekitar 11 cm. Ginjal menerima darah dari arteri renal kemudian dilakukan penyaringan dan keluar melalui vena renal. Hasil penyaringan (filtrasi) kemudian melalui proses reabsorpsi dan augmentasi yang menghasilkan urine. Urine tersebut dikeluarkan dari ginjal melalui ureter untuk dikeluarkan dari tubuh melalui uretra. Berikut adalah fungsi-fungsi ginjal beserta penjelasan:

Fungsi ginjal

  1. Menyaring darah. Ini merupakan fungsi utama ginjal. Darah disaring melalui tiga tahap yaitu filtrasi (penyaringan), reabsorpsi (penyerapan kembali), dan augmentasi (penambahan zat yang tidak diperlukan tubuh). Hasil dari penyaringan darah disebut urine dan harus dikeluarkan dari tubuh.
  2. Mengendalikan keseimbangan cairan tubuh. Ginjal mengatur agar kadar cairan tubuh tidak kurang maupun berlebih. Caranya adalah dengan melakukan reabsorpsi (menyerap kembali zat yang lolos penyaringan namun masih dibutuhkan tubuh) dan augmentasi (menambah zat yang tidak diperlukan atau kadarnya berlebih).
  3. Mengatur pH darah pada kisaran 7,4. Ginjal dapat mengatur pengeluaran ion hidrogen dan ion bikarbonat sehingga dapat meningkatkan keasaman atau kebasaan darah.
  4. Mengatur kadar garam darah.
  5. Mengatur zat terlarut darah. Ginjal dapat mengatur kadar zat larut dalam darah seperti vitamin.
  6. Mengatur tekanan darah. Ginjal dapat mengatur tekanan darah dengan dua hormon, yaitu renin dan angiotensin. Hormon tersebut mengatur tingkat keregangan dan kontraksi pembuluh darah.
  7. Mengeluarkan sisa metabolisme seperti urea dan asam urat.
  8. Mensekresi hormon eritropoietin (EPO). Fungsi hormon tersebut adalah untuk merangsang sumsum tulang untuk memproduksi sel darah merah. Sehingga ginjal juga berfungsi mengatur sel darah merah.
  9. Menjaga konsentrasi elektrolit dan mineral seperti natrium, kalium, fosfor, dan kalsium. Ion natrium dikendalikan melalui proses yang melibatkan aldosteron.
  10. Mendaur ulang air, mineral, glukosa, dan zat lain. Ginjal akan mempertahankan zat penting yang ikut tersaring dengan proses reabsorpsi (penyerapan kembali). Namun, apabila jumlahnya berlebih, ginjal tidak akan menyerapnya.
  11. Menjaga kesehatan tulang. Ginjal juga turut berperan dalam menjaga kesehatan tulang dengan memproduksi kalsitriol yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kadar kalsium dan fosfat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *