15 Contoh Hewan Herbivora

Herbivora adalah hewan yang beradaptasi untuk memakan bahan yang berasal dari tanaman seperti dedaunan. Hewan herbivora biasanya memiliki bentuk gigi yang membantu menggiling rumput, kulit pohon, dan bahan tanaman keras lainnya. Sebagian besar herbivora memiliki flora usus yang membantu mencerna bahan tanaman. Flora tersebut terdiri dari protozoa atau bakteri pencerna selulosa. Berikut adalah contoh-contoh hewan herbivora:

Baca juga: 40 Ciri Khusus Hewan Dan Fungsinya

Contoh hewan herbivora

1. Kambing

Kambing adalah hewan ternak dan biasanya diambil susu, daging, bulu, dan kulitnya. Kambing diketahui sanggung memakan apapun dan suka mencoba. Namun kambing lebih suka memakan tumbuhan merambat seperti kacang hijau, perdu, dan gulma, dibandingkan rumput.

2. Sapi

Sapi adalah hewan ternak yang dimanfaatkan susu, daging, kulit, tanduk, kotoran, dan tenaganya. Umumnya sapi memakan rumput.

3. Angsa

Angsa adalah burung air berukuran besar dan berleher panjang. Angsa secara alami ditemukan di daerah beriklim sedang seperti Australia, Selandia Baru, dan Amerika Selatan. Angsa umumnya memakan akar-akaran, batang, dan daun tanaman air.

4. Kerbau

Kerbau adalah binatang memamah biak yang dijadikan hewan ternak di banyak negara terutama Asia. Manusia memanfaatkan susu, daging, dan kulitnya. Kerbau umumnya memakan rumput.

5. Kuda

Kuda adalah hewan peliharaan yang penting terutama di masa lalu karena dijadikan sebagai alat transportasi utama sebelum adanya kendaraan bermotor. Saat ini kuda lebih sering dimanfaatkan sebagai sarana olahraga seperti berkuda atau polo. Umumnya kuda memakan rumput.

6. Gajah

Gajah adalah hewan mamalia besar yang tersebar di Sub-Sahara Afrika, Asia Selatan, dan Asia Tenggara. Gajah sering dijadikan sebagai alat transportasi di masa lalu. Meskipun saat ini kerap terjadi perburuan liar gajah untuk diambil gadingnya. Gajah umumnya memakan akar, rumput, buah, dan kulit kayu. Gajah rata-rata membutuhkan 250 kilogram makanan dan 60 liter air minum setiap harinya.

7. Babi

Babi adalah hewan yang bermoncong panjang dan hidung lemper. Babi umumnya ditemukan di eurasia. Manusia memanfaatkan babi sebagai bahan makanan. Babi umumnya hampir memakan segala. Tapi sebagai hewan ternak, babi umumnya diberikan dedak seperti tepung ikan dan jagung.

8. Kuda Laut

Kuda laut adalah sejenis ikan yang berukuran bervariasi antara 16 mm sampai 35 cm. Disebut kuda laut karena memiliki moncong yang mirip kuda. Kuda laut umumnya memakan fitoplankton.

9. Rusa

Rusa adalah hewan bertanduk khusus yang disebut antler. Habitat rusa tersebar mulai dari kawasan tundra hingga hutan hujan tropis. Rusa umumnya memakan rumput, dedaunan, dan buah-buahan.

10. Keledai

Keledai adalah hewan yang kerap digunakan sebagai alat transportasi atau untuk membajak ladang. Keledai terdapat hampir di seluruh dunia. Keledai umumnya memakan rumput.

11. Badak

Badak adalah hewan bertubuh besar dan memiliki cula di moncongnya. Banyak orang memburu badak secara ilegal untuk diambil culanya. Cula badak masih dipercaya sebagai obat, meskipun telah diketahui bahwa cula badak hanya terdiri dari keratin. Badak dapat ditemukan di Afrika, India, dan Asia Tenggara. Badak umumnya memakan tunas, ranting, dedaunan muda, dan buah yang sudah jatuh.

12. Domba

Domba adalah hewan ternak yang kerap diambil bulunya untuk dijadikan bahan baku kain wol serta daging dan susunya. Domba dapat ditemukan di hampir seluruh dunia terutama di Australia, Selandia Baru, Amerika Selatan, dan Britania Raya. Umumnya domba memakan rumput.

13. Kura-Kura

Kura-kura atau penyu adalah hewan bersisik berkaki empat memiliki cangkang yang keras dan kaku di atas tubuhnya. Umumnya kura-kura memakan sayuran dan buah-buahan.

14. Kelinci

Kelinci adalah hewan mamalia yang habitat aslinya berada di Afrika dan Eropa. Kelinci umumnya menyukai wortel, kol, kangkung, lobak, sawi, dll.

15. Burung Merpati

Burung merpati adalah burung yang banyak dipelihara manusia. Di masa lalu bahkan pernah digunakan sebagai alat bantu komunikasi. Burung merpati yang dipelihara biasa diberi jagung, kacang hijau, atau beras merah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *