22 Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli

Seni rupa adalah cabang seni berupa karya seni yang memiliki bentuk dan wujud yang nyata sehingga bisa ditangkap mata dan dirasakan oleh rabaan oleh indera peraba. Seni rupa merupakan hasil dari pengolahan konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika. Contoh seni rupa adalah kerajinan keramik, gambar, lukisan, patung, seni cetak, desain, kerajinan tangan, fotografi, videografi, film, dan arsitektur. Berikut adalah pengertian seni rupa menurut para ahli:

Pengertian seni rupa menurut para ahli

1. Ni Luh Sustiawati

Seni rupa adalah seni yang ekspresinya tertuang ke dalam dua dan tiga dimensi, dan bentuk seni mempunyai rupa (visual) dan lazimnya bersifat statis. Wujud seni rupa meliputi seni lukis, seni patung, seni grafis, seni kriya, seni reklame, seni arsitektur, dan seni dekorasi (Sustiawati, 2011).

2. Rahmida Setiawati

Seni rupa adalah wujud mediasi bentuk kasat mata yang dekat ke arah perlambang gambar, lukis, patung, kerajinan tangan kriya dan multimedia, berhubungan dengan unsur cabang kesenian (setiawati, 2008).

3. Yulius Harida Putra

Seni rupa adalah sebuah wadah cabang seni yang mengapresiasikan pengalaman artistik manusia lewat obyek dua atau tiga dimensional yang memakai tempat, waktu, sifat, dan akar cabang-cabang seni yang lainnya (Putra, 2012).

4. Djoko Maruto

Seni rupa adalah organisasi dari seluruh elemen yang membentuk karya seni rupa seperti alat visual dan elemen bentuk berupa garis, bentuk, gelap-terang, tekstur, dan warna (Maruto, 2015).

5. Yaya Sukaya

Seni rupa adalah cabang seni yang menggunakan mata (indra pengelihatan) sebagai alat indrawi utama untuk mencerapnya (Sukaya, 2009).

6. Fajar Cahyono

Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan (Cahyono, 2011).

7. Mayang Anggrian

Seni rupa adalah ungkapan gagasan atau perasaan yang estetis dan bermakna yang diwujudkan melalui media: titik, garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, dan gelap-terang yang ditata dengan prinsip tertentu (Anggrian, 2011).

8. Zora Iriani

Seni rupa adalah ungkapan, perasaan, emosi, dan pengalaman yang diwujudkan dalam bentuk karya dua atau tiga matra (Iriani, 2012).

9. Anang Pratama Widiarsa

Seni rupa adalah istilah yang digunakan untuk menyebut suatu wujud yang dibuat seseorang (Widiarsa, 2015).

10. Sumanto

Seni rupa adalah salah satu cabang seni yang diciptakan dengan menggunakan unsur rupa (visual) (Sumanto, 2011).

11. Hera Kustilawati

Seni rupa adalah cabang seni yang diciptakan dengan menggunakan elemen atau unsur dan dapat diapresiasi melalui indera mata (Kustilawati, 2013).

12. S. Margana

Seni rupa adalah seni visual, yang produknya dapat berupa lukisan, patung, grafis, dan lain sebagainya (Mardana, 2002).

13. Kristanto & Haryanto

Seni rupa adalah satu bentuk kesenian visual atau tampak ada yang tidak hanya bisa diserap oleh indera penglihatan, tetapi juga bisa oleh indera peraba, dapat diartikan sebagai teksturnya dapat dirasakan, seperti bentuk kasar, halus, lunak, keras, lembut (Kristanto & Haryanto, 2014).

14. Drs. Sumanto

Seni rupa adalah cabang kesenian yang diciptakan dengan menggunakan elemen atau unsur rupa dan dapat diapresiasi melalui indera mata (Sumanto, 2005).

15. Graham Hopwood

Seni rupa adalah ekspresi emosi yang ditunjukan pada indera penglihatan maka termasuk didalamnya adalah seni lukis, seni patung, dan seni kerajinan (Irianti, 2008).

16. Elysa Novitasari dan Purwadi

Seni rupa adalah satu cabang kesenian dan merupakan ungkapan manusia yang diwujudkan melalui pengolahan media dan penataan elemen (Rizanti dkk, 2016).

17. Arie Dian Rahadi dan Agus Triyadi

Seni rupa adalah seni yang nampak oleh indra penglihatan dan wujudnya terjadi dari unsur rupa berupa titik, garis, bidang atau ruang, bentuk atau wujud, warna, gelap terang, dan tekstur (Rahadi, 2014).

18. Sulfahri

Seni rupa adalah bentuk ungkapan yang dicurahkan melalui media rupa (visual) menjadi karya dwimatra dan trimatra (Sulfahri, 2018).

19. Soedarso

Seni rupa adalah cabang seni yang mengekspresikan pengalaman artistik manusia lewat obyek dua (Soedarso, 1990).

20. Dharsono Sony Kartika

Seni rupa merupakan salah satu kesenian yang mengacu pada bentuk visual atau sering disebut bentuk perupaan, yang merupakan susunan atau komposisi atau satu kesatuan dari unsur-unsur rupa (Kartika, 2004).

21. Danial Fata Aurissfan

Seni rupa adalah salah satu aktivitas seni yang engacu pada bentuk visual atau sering disebut bentuk perupaan, yang merupakan susunan atau komposisi atau satu kesatuan dari unsur-unsur rupa yaitu: titik, garis, bidang, bentuk, tekstur, warna, yang hasilnya adalah berupa estetika tinggi atau dapat dikatakan keindahan yang dapat memunculkan nilai apresiasi para penikmatnya (Aurissfan, 2011).

22. Abdul Halim Husain

Seni rupa adalah penghasilan objek-objek yang melibatkan elemen formal seperti warna jalinan, garisan, ruang, tona, bentuk, rupa, ragam hias yang digunakan menggunakan alat tertentu dan melibatkan ekspresi perasaan, citarasa, ilham, dan juga kemahiran tersendiri (Husain, 2003).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *