3 Fungsi Ovarium

Ovarium atau indung telur adalah organ reproduksi primer betina yang berperan sebagai organ reproduksi dan penghasil hormon kelamin betina. Sehingga fungsi indung telur selain menghasilkan sel telur (ovum) juga mempertahankan fungsi kewanitaan dengan menghasilkan hormon utama yakni estrogen dan progesteron. Letak ovarium berada di antara rahim dan dinding panggul (Niati, 2011; Soegiharto, 2014; Simanungkalit dan Yunus, 2017). Berikut adalah fungsi ovarium:

1. Mendukung Masa Pubertas

Pubertas adalah masa transisi biologis dari masa anak ke masa dewasa (Indaryani dkk., 2016). Pada masa pubertas, ovarium mulai mensekresi hormon yang terus meningkat diikuti oleh tanda-tanda s3ksual sekunder mulai berkembang. Struktur dan fungsi ovarium berupa sehingga kemampuan memproduksi sel telur dan bereproduksi mulai berkembang.

2. Menghasilkan Sel Telur

Ovarium merupakan tempat produksi dan pelepasan sel telur yang merupakan gamet betina. Ovarium mengeluarkan sel telur setiap bulan dan masa tersebut disebut masa subur (Indaryani dkk., 2016).

3. Sekresi Hormon

Ovarium mensekresi hormon estrogen, progesteron, testosteron, androstendion, dan dehidroepiandrosteron (DHEA) (Indaryani dkk., 2016; Rusnasari, 2005). Hormon estrogen berperan dalam pemunculan tanda-tanda s3ksual sekunder saat masa pubertas dan menjaga organ reproduksi. Sedangkan progesteron berperan mempersiapkan uterus untuk kehamilan dan kelenjar susu untuk laktasi.

Baca juga:

Daftar pustaka:

  • Indaryani, Woro, Rudy Susanto, dan J.C. Susanto. 2016. Hubungan Awitan Pubertas dan Status Sosial Ekonomi Serta Status Gizi pada Anak Perempuan. Sari Pediatri, Vol. 11, No. 5: 374-378.
  • Niati, Sri. 2011. Analisis Komparatif Penampilan Berahi Ternak Kerbau Dara dan Induk di Desa Sungai Pinang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Skripsi. Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
  • Rusnasari, Veronica Dhian. 2005. Hubungan Resistensi Insulin (HOMA-IR) dengan Obesitas dan Perubahan Hormon Androgen pada Penderita Sindroma Ovarium Polikistik. Tesis. Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.
  • Simanungkalit, Brian Jones, dan Rusdi Yunus. 2017. Gambaran Pengetahuan Siswi Tentang Kesehatan Reproduksi di SMA Advent 1 Medan Tahun 2016. Ibnu Nafis, Vol. 6, No. 1: 55-62.
  • Soegiharto, Soebijanto. 2014. Prediksi Keberhasilan Kehamilan Teknik Fertilisasi In Vitro pada Berbagai Umur Istri. Medica Hospitalia: Journal of Clinical Medicine, Vol. 2, No. 1: 1-5.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *