3 Fungsi Paruh Bebek

Bebek adalah sebutan umum untuk menyebut unggas air dalam famili Anatidae (Arum, 2015). Bebek umum diternakkan manusia untuk diambil daging atau telurnya. Habitat bebek umumnya berada di perairan baik itu perairan air tawar maupun air asin (air laut). Ukuran bebek lebih kecil dibandingkan kerabatnya yakni angsa. Salah satu ciri khusus bebek sebagaimana halnya burung pada umumnya adalah memiliki paruh. Berikut adalah fungsi paruh bebek:

Fungsi paruh bebek

  1. Menyaring air dan benda-benda yang tidak bisa dimakan seperti lumpur. Tujuannya supaya bebek hanya menelan makanan. Dalam paruh bebek terdapat lamela. Lamela adalah tekukan seperti gigi kecil (atau sisir). Fungsi lamela adalah membantu proses penyaringan air dan benda asing tersebut.
  2. Membantu mencari, mengambil, dan menelan makanan. Dalam mengambil makanan, paruh bebek dibantu lamela.
  3. Membersihkan bulunya dari parasit, sisik yang menutupi bulu yang baru tumbuh, dan menghilangkan minyak yang menyebar di atas bulu bebek. Hal tersebut membuat bulu bebek tetap bersih.

Baca juga:

Daftar pustaka:

  • Arum, Intan Permata Sekar. 2015. Pengembangan Metode Analisis Parasetamol dalam Daging Bebek Menggunakan Alat Kromatografi Cair Kinerja Tinggi. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam bandung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *