3 Makanan Lebah

Lebah adalah serangga terbang yang dikenal karena perannya dalam penyerbukan bunga dan menghasilkan madu dan lilin lebah pada spesies lebah madu. Lebah dapat ditemukan di setiap benua kecuali Antartika, tepatnya di setiap tempat yang ada tumbuhan berbunga. Indonesia memiliki beragam spesies lebah khususnya lebah madu. Beberapa daerah di Indonesia dikenal akan pembudidayaan lebah madunya sehingga memiliki berbagai macam madu lokal. Untuk menghasilkan madu, lebah membutuhkan makanan khusus, begitu pula spesies lebah lain. Berikut adalah makanan lebah:

1. Nektar

Nektar adalah senyawa kompleks yang dihasilkan bunga. Nektar dihasilkan oleh kelenjar necteriffier pada bunga. Nektar mengandung berbagai macam gula dengan konsentrasi bervariasi seperti fruktosa, sukrosa, dan glukosa. Selain itu, terdapat juga sejumlah kecil zat lain seperti asam amino, garam, dan mineral. Nektar menjadi sumber utama karbohidrat bagi lebah.

2. Serbuk Sari

Serbuk sari atau pollen bunga adalah alat reproduksi jantan pada bunga yang disimpan di dalam kepala sari. Serbuk sari mengandung protein, lipid (lemak), vitamin, dan mineral sehingga penting bagi lebah. Lebah membutuhkan banyak serbuk sari untuk mendukung pertumbuhan tubuhnya dan perkembangan sistem kelenjar. Lebah mencampurkan serbuk sari dengan nektar yang dimuntahkan dari kelenjar lebah pekerja. Sehingga lebah madu mengonsumsi serbuk sari dalam bentuk bee bread yang memiliki nilai nutrisi lebih tinggi ketimbang serbuk sari karena telah dicampur nektar dan mengalami proses fermentasi.

3. Makanan Buatan Pengganti Serbuk Sari

Selain makanan alami, lebah juga dapat diberikan makanan buatan pengganti serbuk sari (pollen substitute) yang mengandung protein tinggi. Makanan buatan tersebut dapat dibuat dengan kedelai rendah lemak, khamir, dan susu skim dan dapat diberikan saat tidak sedang musim bunga. Pemberian makanan buatan tersebut bertujuan mencegah kanibalisme terhadap larva dan menjaga kesehatan lebah untuk musim bunga berikutnya.

Baca juga: 6 Ciri Khusus Lebah dan Fungsinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *