4 Alasan Mengapa Air Penting Bagi Kehidupan

Air adalah molekul yang sangat penting bagi kehidupan. Air adalah substansi kimia tanpa bau, tanpa rasa, dan tanpa warna. Air dapat memiliki wujud padat, cair, atau gas. Rumus kimianya adalah H2O. 71% dari luas permukaan bumi adalah perairan, namun hanya 2,5% air tawar. Tubuh manusia terdiri dari 55 sampai 78 persen air. Menurut teori evolusi, makhluk hidup pertama adalah makhluk air. Maka dari itu, air sangat penting bagi kehidupan. Berikut adalah 4 sifat air yang membuatnya sangat penting bagi kehidupan:

Mengapa air penting bagi kehidupan

1. Kohesi dan Adhesi Air

Kohesi adalah gaya tarik-menarik antar molekul sejenis, sedangkan adhesi adalah gaya tarik-menarik antar molekul yang tidak sejenis. Molekul air berdekatan satu sama lain karena adanya ikatan hidrogen. Kohesi dan adhesi air membantu air naik ke atas tumbuhan melawan gravitasi. Air masuk melalui akar kemudian naik ke daun melalui batang. Jadi, akar tidak “menyerap” air, melainkan air yang masuk ke akar dan naik dengan gaya kohesi dan adhesi.

2. Suhu Air yang Sedang

Air mampu menjaga suhunya agar tetap sedang dengan melepas atau menyerap panas. Ketika siang hari yang terik, air akan menyerap panas matahari. Sedangkan ketika malam hari atau di waktu musim dingin, air dapat menghangatkan udara. Hal ini penting untuk menstabilkan suhu lautan agar tetap layak dihuni hewan laut.

3. Air Es yang Melayang di Atas Air Cair

Air es memiliki sifat yang unik, yaitu melayang di atas air yang berwujud cair. Itu karena air cair lebih padat (jumlah molekul per volume) dibandingkan air es. Air es 10% lebih sedikit molekul air dibandingkan air cair. Sifat unik ini disebabkan oleh ikatan hidrogen. Sifat ini juga sangat penting bagi kehidupan. Karena apabila air es tenggelam di air cair, maka tidak mungkin ada kehidupan di perairan yang saat itu sempat memasuki zaman es. Ketika air es melayang di atas air cair, ketika terkena suhu dingin, hanya permukaan air laut saja yang membeku, sementara bagian bawahnya masih berwujud cair yang masih bisa ditempati makhluk hidup.

4. Larut Tidaknya Air Terhadap Substansi Tertentu

Terdapat substansi yang larut dengan air, ada juga yang tidak larut. Sifat tersebut membuat air mampu membawa mineral yang penting bagi makhluk hidup. Sedangkan sifat tidak larutnya juga penting. Bayangkan apabila membran sel bersifat larut terhadap air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *