40 Ciri Khusus Hewan Dan Fungsinya

Setiap hewan memiliki ciri khasnya masing-masing. Fungsi utamanya adalah untuk beradaptasi dengan lingkungannya sehingga dapat bertahan hidup. Itu dikarenakan habitat hewan bermacam-macam. Mulai dari air tawar, air asin, gurun, hutan hujan, dataran rendah, pegunungan, hingga kutub. Ciri khusus ini juga bisa berfungsi sebagai alat pertahanan diri dari predator atau membantu mencari makanan. Berikut adalah ciri khusus hewan beserta fungsinya.

Ciri khusus hewan dan fungsinya
Ciri khusus hewan dan fungsinya

  1. Burung hantu: Memiliki penglihatan dan pendengaran yang tajam untuk membantu memperoleh makanan pada malam hari serta kepala yang dapat diputar 180 derajat yang berfungsi menggantikan matanya yang tidak dapat melirik.
  2. Zebra: Tubuhnya memiliki pola belang hitam putih yang berfungsi sebagai kamuflase (sembunyi) dari predator.
  3. Cicak: memiliki kaki dan lidah yang lengket. Fungsi kaki lengket adalah membantu merayap, sedangkan lidah yang lengket berfungsi membantu menangkap mangsa. Cicak juga melakukan pertahanan diri dengan cara autotomi yaitu memutus ekornya sendiri ketika terancam.
  4. Gajah: memiliki telinga besar yang berfungsi memperluas pendengaran dan dapat mendengar suara infrasonik, memiliki gading yang berfungsi untuk melindungi diri, dan memiliki belalai untuk membantu mengambil makanan atau minum.
  5. Kelelawar: memiliki sayap yang membantunya terbang. Ini unik karena kelelawar adalah hewan mamalia, bukan burung. Kelelawar juga mampu memancarkan suara frekuensi tinggi dan mendengar gema yang dihasilnya yang berfungsi membantu menunjukkan arah terbang (disebut ekolokasi) dan mencari makan.
  6. Singa: memiliki bulu yang berwarna mirip dengan rumput kering Afrika. Fungsinya adalah untuk menyamar/kamuflase dari mangsa.
  7. Lumba-lumba: mampu hidup di air dengan sesekali berenang ke permukaan untuk bernapas. Lumba-lumba juga memiliki sistem sonar yang berfungsi untuk berkomunikasi dan mengetahui lingkungan sekitar.
  8. Bunglon: mampu mengubah warna kulit menyamai warna lingkungannya. Fungsinya adalah sebagai kamuflase (bersembunyi) dari predator. Bunglon juga memiliki lidah yang panjang dan lengket yang berfungsi membantu menangkap mangsa.
  9. Bebek: jari kaki berselaput yang berfungsi untuk membantu bebek berjalan di lumpur sehingga tidak tenggelam, memiliki paruh yang berfungsi membantu bebek mencari cacing di lumpur, dan memiliki bulu yang selalu berminyak sehingga tidak basah walaupun berendam di air.
  10. Ular: bergerak dengan cara melata/merayap, selalu menjulurkan lidah yang berfungsi sebagai navigasi dan pengenalan bau, tidak bisa mengunyah sehingga mampu menelan mangsa berukuran besar, dan beberapa diantaranya memiliki racun mematikan atau mampu melilit mangsa hingga mati.
  11. Unta: memiliki punuk yang berfungsi menyimpan cadangan makanan.
  12. Laba-laba: mampu membuat sarang seperti jaring di ranting pohon yang berfungsi sebagai tempat tinggal dan untuk menangkap mangsa.
  13. Landak: Memiliki duri yang berfungsi melindungi diri dari pemangsa atau pengganggu.
  14. Anjing: Memiliki penciuman yang tajam yang berfungsi untuk mendeteksi makan dan kerap menjulurkan lidah untuk mengeluarkan panas dari tubuh.
  15. Trenggiling: memiliki lidah yang panjang dan lengket yang berfungsi menangkap mangsa seperti semut di celah-celah sempit. Trenggiling juga akan menggulungkan tubuhnya menjadi seperti bola ketika terancam.
  16. Kera: memiliki ekor panjang yang berfungsi menjaga keseimbangan saat melompat.
  17. Katak: memiliki selaput renang pada kakinya yang berfungsi untuk membantu berenang.
  18. Kangguru: mampu melompat untuk berpindah tempat yang dibantu dengan ekor untuk menjaga keseimbangan. Kangguru juga dikenal memiliki kantung di perutnya yang berfungsi untuk melindungi anaknya yang masih kecil.
  19. Harimau: memiliki gigi taring yang sangat kuat dan tajam yang berfungsi untuk membunuh mangsa serta dapat meraung yang berfungsi untuk berkomunikasi.
  20. Cumi-cumi: mengeluarkan cairan hitam seperti tinta yang berfungsi untuk melindungi diri.
  21. Gurita: memiliki tentakel yang berfungsi untuk membantu bergerak dan menangkap mangsa.
  22. Jerapah: memiliki leher yang panjang yang berfungsi untuk meraih makanannya yakni daun yang berada di atas pohon.
  23. Udang: memiliki rangka luar yang berfungsi untuk melindungi tubuh.
  24. Lebah: memiliki sengat menyakitkan yang berfungsi melindungi diri dari pengganggu.
  25. Kalajengking: memiliki sengat pada ekornya yang beracun. Fungsinya adalah untuk melindungi diri.
  26. Ikan pemanah: mampu menyemprotkan air ke arah mangsa yang berfungsi membuat mangsa tersebut jatuh ke air sehingga mudah ditangkap.
  27. Kura-kura: memiliki cangkang yang sangat keras yang berfungsi melindungi diri dari pemangsa. Kura-kura juga memiliki moncong yang keras dan kuat yang berfungsi untuk menghancurkan makanan mengingat kura-kura tidak memiliki gigi.
  28. Rusa: memiliki tanduk bercabang yang menyerupai akar pohon yang berfungsi untuk pertahanan diri.
  29. Belut listrik: memiliki sengat listrik yang berfungsi untuk melindungi diri dari pemangsa dan membantu menangkap mangsa.
  30. Sigung: mampu mengeluarkan bau tidak sedap yang menyengat yang berfungsi mengusir predator yang mendekat.
  31. Lalat: memiliki mata majemuk yang terdiri dari ribuan lensa. Fungsinya adalah untuk mendeteksi gerakan sehingga lalat sangat sulit ditangkap.
  32. Kaki seribu: mampu menggulungkan badannya yang berfungsi melindungi diri dari pengganggu.
  33. Semut: memiliki sepasang struktur semacam antena di kepalanya yang berfungsi untuk berkomunikasi dengan sesamanya.
  34. Siput: memiliki lendir yang berfungsi untuk menjaga kelembaban tubuh dan memiliki cangkang yang berfungsi melindungi diri dari predator.
  35. Lele: memiliki patil/patik yang berfungsi untuk melindungi diri.
  36. Walang sangit: memiliki kemampuan mengeluarkan bau menyengat yang berfungsi untuk mengusir pengganggu.
  37. Buaya: memiliki rahang yang kuat yang berfungsi untuk menyerang mangsa.
  38. Nyamuk: memiliki struktur seperti jarum suntik pada mulutnya yang berfungsi untuk menembus kulit inang untuk mengambil darahnya.
  39. Elang: memiliki penglihatan yang sangat tajam yang berfungsi untuk mendeteksi mangsa dari jarak jauh.
  40. Ubur-ubur: memiliki sengat yang beracun yang berfungsi melindungi diri dari pengganggu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *