40 Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

Komunikasi adalah proses membangun pengertian antara satu dengan yang lain agar terjadi kesamaan pemahaman mengenai suatu hal. Etimologi istilah komunikasi merupakan kata serapan dari bahasa Inggris communication yang berasal dari bahasa Latin communicatio yang berarti “membuat sama” yang berasal dari kata dasar communis yang berarti “sama”. Komunikasi yang baik biasanya penting terutama dalam organisasi dan dalam menjaga relasi agar dapat bertukar pikiran dan menghindari kesalahpahaman. Berikut adalah pengertian komunikasi menurut para ahli:

Pengertian komunikasi menurut para ahli
Pengertian komunikasi menurut para ahli

1. Agus M. Hardjana, M.Sc., ED

Komunikasi adalah suatu kegiatan disampaikannya suatu pesan oleh seseorang kepada orang lain melalui media tertentu, kemudian pesan tersebut diterima dan dipahami sejauh kemampuannya, dan penerima pesan kemudian menyampaikan tanggapan melalui media tertentu kepada penyampai pesan.

2. Everett M. Rogers

Komunikasi adalah proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada suatu penerima atau lebih, dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka.

3. Shannon & Weaver

Komunikasi adalah bentuk interaksi manusia yang saling mempengaruhi satu sama lainnya, sengaja atau tidak sengaja. Komunikasi tidak terbatas pada bentuk komunikasi menggunakan bahasa verbal, tetapi juga dalam hal ekspresi wajah, lukisan, seni, dan teknologi.

4. Rogers & D. Lawrence Kincaid

Komunikasi adalah suatu proses dimana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lainnya, yang pada gilirannya akan tiba pada saling pengertian yang mendalam.

5. Bernard Berelson & Gary A. Steiner

Komunikasi adalah transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan, dan sebagainya dengan menggunakan simbol-simbol, kata-kata, gambar, figur, grafik, dan sebagainya.

6. David K. Berlo

Komunikasi adalah instrumen dari interaksi sosial yang berguna untuk mengetahui dan memprediksi setiap orang lain dan juga untuk mengetahui keberadaan diri sendiri dalam menciptakan keseimbangan dengan masyarakat.

7. Lexicographer

Komunikasi adalah upaya yang bertujuan berbagi untuk mencapai kebersamaan. Jika dua orang berkomunikasi, maka pemahaman yang sama terhadap pesan yang saling dipertukarkan adalah tujuan yang diinginkan oleh keduanya.

8. James A.F. Stoner

Komunikasi adalah langkah-langkah antar individu memberi pemahaman dan maksud lewat pemindahan pesan.

9. Hoben 

Komunikasi adalah bentuk pertukaran pikiran atau gagasan secara verbal.

10. Raymond S. Ross

Komunikasi adalah suatu proses menyortir, memilih, dan mengirimkan simbol-simbol sedemikian rupa sehingga membantu pendengar membangkitkan makna atau respons dari pikirannya yang serupa dengan yang dimaksudkan komunikator.

11. Astrid Susanto

Komunikasi adalah proses pengoperasian lambang-lambang yang mengandung arti.

12. Effendy Uchjana

Komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh satu orang ke orang lain untuk menginformasikan, mengubah sikap, pendapat, atau perilaku, baik secara lisan (langsung) maupun tidak langsung (melalui media).

13. Gerard R. Miller

Komunikasi adalah sebuah proses yang terjadi ketika seseorang menyampaikan pesannya kepada penerima dengan tujuan untuk mempengaruhi perilaku si penerima pesan, baik itu disadari atau tidak.

14. Prof. Drs. H. A. W. Widjaya

Komunikasi adalah hubungan kontak antar dan antara individu maupun kelompok.

15. Carl L. Hovland

Komunikasi adalah proses yang mungkin dilakukan oleh pembawa informasi dengan tujuan memberikan rangsangan kepada orang lain untuk mengubah perilakunya.

16. William J. Seller

Komunikasi adalah sistem dimana lambang verbal serta non verbal dikirimkan, di terima, serta diberi makna.

17. Soewarno Handaya Ningrat

Komunikasi adalah proses interaksi atau hubungan saling pengertian satu sama lain antara sesama manusia dengan maksud agar dapat diterima dan dimengerti antar sesamanya.

18. Alexander Gode

Komunikasi adalah suatu proses untuk membuat suatu kebersamaan bagi dua orang atau lebih.

19. Achmad S. Ruky

Komunikasi adalah proses pemindahan dan pertukaran pesan, dimana pesan ini dapat berbentuk fakta, gagasan, perasaan, data atau informasi dari seseorang kepada orang lain yang bertujuan mepengaruhi dan/atau mengubah informasi yang dimiliki serta tingkah laku orang yang menerima pesan tersebut.

20. Prof. Dr. Alo Liliweri

Komunikasi adalah pengalihan suatu pesan dari satu sumber kepada penerima agar dapat dipahami.

21. John R. Wenburg dan William W. Wilmot

Komunikasi adalah suatu usaha untuk memperoleh makna.

22. Judy C. Pearson & Paul Emelson

Komunikasi adalah proses memahami dan berbagi makna.

23. Anwar Arifin

Komunikasi adalah suatu konsep yang multi makna.

24. Stewart L. Tubbs & Sylvia Moss

Komunikasi adalah proses makna diantara dua orang atau lebih.

25. Harorl D. Lasswell

Komunikasi adalah suatu proses yang menjelaskan siapa, mengatakan apa, dengan saluran apa, kepada siapa, dengan akibat apa, atau hasil apa.

26. Djenamar. S.H.

Komunikasi adalah seni dalam mengutarakan informasi dan gagasan-gagasan seseorang terhadap orang lain.

27. Redi Panuju

Komunikasi adalah sistem aliran yang menghubungkan kinerja antar bagian dalam organisasi sehingga menghasilkan suatu sinergi.

28. William Albig

Komunikasi adalah proses pengoperan lambang yang berarti diantara individu-individu.

29. Keith Davis

Komunikasi adalah proses penyampaian dan pemahaman dari seseorang kepada orang lain.

30. Colin Cherry

Komunikasi adalah proses dimana pihak-pihak saling menggunakan informasi untuk tujuan bersama dan hubungan komunikasi yang ditimbulkan oleh generasi penerus rangsangan dan respon.

31. Theodore M. Newcomb

Komunikasi adalah setiap tindakan yang dipandang sebagai suatu proses transmisi informasi, di mana di dalamnya terdapat rangsangan diskriminatif yang berasal dari informan kepada penerima informasi.

32. Anderson

Komunikasi adalah rangkaian langkah serah terima maksud yang terjadi dengan dinamis serta konstan berubah sesuai dengan kondisi yang berlaku.

33. Onong Uchjana Effendy

Komunikasi adalah sistem penyampaian pesan oleh seseorang pada orang lain untuk memberi tahu, memiliki pendapat, mengubah sikap atau tingkah laku baik secara langsung maupun tidak langsung.

34. T. Hani Handoko

Komunikasi adalah proses pemindahan pengertian dalam bentuk gagasan atau informasi dari seseorang ke orang lain. Perpindahan pengertian tersebut melibatkan lebih dari sekedar kata-kata yang digunakan dalam percakapan, tetapi juga ekspresi wajah, intonasi, titik putus dan tidak hanya memerlukan transmisi data, tetapi juga bergantung pada keterampilan-keterampilan tertentu untuk membuat pertukaran informasi berhasil.

35. Atep Aditya Barata

Komunikasi adalah proses pengiriman dan penerimaan pesan, berita, atau informasi yang terjadi diantara dua orang atau lebih yang dilakukan secara efektif agar pesan yang disampaikan dapat dipahami oleh penerimanya.

36. Murphy & Mendelson

Komunikasi adalah suatu percakapan untuk membangun dan mempertahankan hubungan interpersonal.

37. Sarah Trenholm dan Arthur Jensen

Komunikasi adalah suatu proses dimana sumber mentransmisikan pesan kepada penerima melalui beragam saluran.

38. Hovland, Janis, & Kelley

Komunikasi adalah suatu proses dimana seseorang (komunikator) menyampaikan stimulus (biasanya dalam bentuk kata-kata) dengan tujuan mengubah atau membentuk perilaku orang-orang lainnya (khalayak).

39. William I. Gordon

Komunikasi adalah transaksi dinamis yang melibatkan gagasan dan perasaan.

40. Sindu Mulianto

Komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh pengirim kepada penerima pesan melalui cara dan media tertentu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *