5 Ciri Khusus Cicak dan Fungsinya

Cicak adalah hewan reptil kecil dengan panjang sekitar 10 cm yang biasa merayap di dinding atau pohon. Cicak umumnya berwarna abu-abu atau cokelat kehitaman. Cicak satu suku dengan tokek yakni suku gekkonidae. Cicak juga dikenal sering bersuara “cak, cak, cak” yang menjadi asal penamaan hewan ini. Cicak seringkali memakan serangga terutama nyamuk. Berikut adalah ciri khusus cicak dan fungsinya:

Baca juga: 40 Ciri Khusus Hewan Dan Fungsinya

Ciri khusus cicak

  1. Memiliki lidah yang panjang dan lengket. Fungsinya adalah untuk menangkap serangga dan nyamuk sebagai makanannya.
  2. Memiliki telapak kaki yang lengket. Fungsinya adalah agar cicak mampu berjalan di tembok atau langit-langit ruangan tanpa terjatuh.
  3. Mengeluarkan suara “cak, cak, cak”. Fungsinya adalah untuk menarik perhatian betina untuk keperluan kawin.
  4. Mampu memutuskan ekornya sendiri. Fungsinya adalah untuk menghindari pemangsa atau hewan lain yang mengganggunya. Ekornya meskipun sudah putus, tetap bergerak-gerak sehingga pemangsa lebih tertarik dengan ekornya. Kemampuan memutuskan ekor ini disebut autotomi.
  5. Posisi mata cicak berada di atas kepalanya dan cukup menonjol. Fungsinya adalah untuk memungkinkan cicak dapat melihat dengan sudut pandang lebih luas sehingga lebih waspada dengan predator atau mangsa.

One thought on “5 Ciri Khusus Cicak dan Fungsinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *