5 Fungsi Pankreas pada Manusia (Artikel Lengkap)

Pankreas adalah salah satu organ kelenjar yang terletak di perut dan menghasilkan enzim dan hormon yang membantu sistem pencernaan. Struktur pankreas memanjang dengan panjang 12 sampai 15 cm dan berwarna abu-abu merah muda. Pankreas memiliki saluran pankreas yang menyatu dengan saluran empedu dan bermuara di duodenum (usus dua belas jari). Saluran tersebut berfungsi mengeluarkan berbagai enzim dan hormon dari pankreas. Secara garis besar, fungsi pankreas dibagi menjadi dua yaitu peran endokrin (sekresi insulin dan metabolisme) dan peran eksokrin (sekresi enzim untuk pencernaan). Berikut adalah fungsi pankreas pada manusia:

Fungsi pankreas

1. Mengendalikan Kadar Gula

Pankreas terdiri dari sekitar 3 juta kluster sel yang terdiri dari empat jenis utama sel yang terlibat dalam pengaturan kadar glukosa darah. Keempat jenis sel tersebut antara lain sel alpha (α) yang mensekresikan glukagon untuk meningkatkan kadar gula dalam darah, sel beta (β) yang mensekresikan insulin untuk mengurangi kadar gula (glukosa) dalam darah, sel delta (δ) yang mensekresikan somatostatin yang mengatur atau menghentikan sel α dan β , dan sel gamma (γ) yang mensekeresikan polipeptida pankreas.

2. Membantu Pencernaan

Pankreas mensekresikan berbagai enzim pencernaan dalam getah pankreas yang membantu pencernaan dan penyerapan nutrisi pada usus halus. Enzim tersebut membantu memecah karbohidrat, protein, dan lipid dalam kim (chyme). Enzim yang dikeluarkan pankreas antara lain protease untuk mencerna protein, lipase untuk mencerna lemak, dan amilase untuk memecah pati (amilum) dan karbohidrat lain. Selain itu, pankreas juga mensekresikan fosfolipase A2, lisofosfolipase, dan esterase kolesterol.

3. Mengendalikan pH Makanan

Pankreas mengendalikan pH makanan dengan cara mengeluarkan getah pankreas yang mengandung bikarbonat. Fungsi bikarbonat adalah untuk menetralkan kim (chyme) dari lambung. Kim adalah hasil dari pencernaan lambung yang berwujud semi-cair dan bersifat asam dengan pH 2 karena asam klorida dari lambung. Maka dari itu, perlu dinetralkan agar tidak merusak nutrisi yang ada.

4. Mencegah Perut Kembung

Perut kembung atau distensi perut terjadi ketika ada gas atau cairan yang menumpuk di dalam perut yang menyebabkan perut mengembung melebihi ukuran normal. Pankreas mensekresikan hormon gastrin, kolesistokini, dan sekretin sebagai respon terhadap distensi tersebut.

5. Mengendalikan Fungsi Tubuh

Pankreas juga berperan dalam mengendalikan fungsi tubuh dengan cara menghasilkan beberapa hormon penting seperti insulin, glukagon, somatostatin, dan polipeptida pankreas yang diedarkan ke dalam darah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *