8 Ciri-Ciri Tumbuhan yang Hidup di Gurun

Gurun adalah area tandus dengan sedikit curah hujan dan umumnya berpasir. Kondisi gurun tidak bersahabat bagi sebagian besar hewan dan tumbuhan. Akibatnya, gurun menjadi daerah yang gundul dan sedikit terdapat kehidupan. Meskipun demikian, ada beberapa tumbuhan yang memiliki habitat di gurun seperti kelapa, kaktus, kurma, dll. Tentu saja tumbuhan tersebut memiliki ciri khusus agar dapat bertahan di gersangnya gurun. Prinsip dasarnya adalah menyerap air sebanyak mungkin dan menguapkan air sesedikit mungkin. Berikut adalah ciri khusus tumbuhan yang hidup di gurun:

Baca juga: 4 Alasan Mengapa Air Penting Bagi Kehidupan

Ciri tumbuhan yang hidup di gurun

1. Memiliki Masa Dormansi

Beberapa spesies tumbuhan gurun memiliki memasuki masa dormansi ketika air mulai langka. Dormansi adalah menghentikan pertumbuhan dan metabolisme untuk sementara. Hal ini dilakukan untuk menjaga cadangan makanan. Ketika air kembali tersedia, tanaman akan keluar dari masa dormansi dan mulai tumbuh kembali.

2. Tubuh Berlapis Lilin

Lapisan lilin pada permukaan tubuh tanaman akan membantu mengurangi penguapan air dan paparan panas cahaya matahari. Bagian yang dilapisi bergantung pada spesiesnya, ada yang hanya daunnya dan ada juga yang hingga ke batangnya. Lapisan lilin membuat permukaan tumbuhan menjadi terasa licin jika disentuh.

3. Hanya Aktif pada Malam Hari

Beberapa spesies tumbuhan beraktivitas secara nokturnal yakni hanya aktif pada malam hari. Karena malam hari tidak memungkinkan terjadi penguapan. Pada malam hari, tumbuhan ini akan membuka stomatanya untuk bernapas dan menerima uap air pada udara malam. Beberapa spesies semak gurun memiliki kemampuan ini.

4. Daun Berukuran Kecil

Daun tumbuhan gurun berukuran relatif kecil dan jarang. Bahkan bentuknya seperti duri seperti pada kaktus. Pada kaktus, bagian hijau yang tebal dan lebar tersebut adalah batangnya, bukan daunnya. Fungsi daun berukuran kecil itu adalah untuk mengurangi penguapan.

5. Batang Berukuran Besar

Tumbuhan gurung ada yang memiliki batang berukuran besar dan menggembung. Contohnya adalah kaktus. Batang tersebut berfungsi untuk menyimpan air. Apabila dipotong melintang, terdapat struktur seperti spons di dalamnya.

6. Memiliki Akar Panjang

Tumbuhan gurun umumnya memiliki akar yang sangat panjang dan tersebar. Fungsinya adalah untuk mencapai air yang umumnya berada di kedalaman tanah.

7. Batang Tak Berkayu

Batang tumbuhan gurun umumnya tidak berkayu karena digunakan sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan.

8. Memiliki Duri

Duri pada tumbuhan gurun sebenarnya adalah bentuk adaptasi pada daun. Contohnya adalah pada kaktus. Duri tersebut berfungsi sebagai tempat fotosintesis namun tidak banyak sehingga tidak menghabiskan cadangan makanan yang dimiliki. Fungsi lain duri adalah untuk mencegah hewan memakannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *