8 Ciri Khusus Burung Hantu dan Fungsinya

Burung hantu adalah sekelompok burung dari ordo Strigiformes.  Burung hantu merupakan karnivora yang cenderung aktif di malam hari. Makanan burung hantu berupa mamalia kecil, serangga, burung lain, dan beberapa diantaranya berburu ikan. Burung hantu dapat ditemukan di seluruh daratan di dunia kecuali Antartika, sebagian besar Greenland, dan beberapa pulau terpencil. Berikut adalah ciri khusus burung hantu:

Ciri khusus burung hantu

  1. Leher burung hantu dapat memutar hingga 270 derajat. Fungsinya adalah untuk membantu menoleh karena mata burung hantu tidak dapat melirik.
  2. Mata burung hantu tidak dapat melirik.
  3. Memiliki penglihatan yang tajam karena dapat membuka pupil dengan lebih lebar. Fungsinya adalah untuk membantu menemukan mangsa di malam hari.
  4. Aktif pada malam hari sehingga disebut hewan nokturnal. Fungsinya adalah untuk menghindari cahaya yang tidak baik bagi mata burung hantu yang sensitif.
  5. Memiliki bentuk wajah yang unik yakni datar dan membulat dengan kedua matanya menghadap ke depan.
  6. Memiliki pendengaran yang cukup tajam. Fungsinya adalah untuk mendeteksi pergerakan mangsa.
  7. Bulunya mampu meredam suara saat terbang, sehingga ketika terbang burung hantu tidak bersuara. Fungsinya adalah untuk membantu menerkam mangsa.
  8. Memiliki tiga kelopak mata. Fungsinya adalah untuk memejamkan mata ketika ada gangguan, tidur, dan membersihkan mata.

Baca juga: 40 Ciri Khusus Hewan Dan Fungsinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *