8 Ciri Khusus Unta dan Fungsinya

Unta adalah hewan yang dikenal memiliki punuk di punggungnya dan habitatnya di padang pasir. Unta merupakan hewan yang telah lama mengalami domestikasi untuk diambil daging dan susunya, dipakai tenaganya, dan diambil rambutnya untuk bahan baku pakaian. Tenaga unta sangat diandalkan untuk mengangkut orang dan barang melewati padang pasir. Berikut adalah ciri khusus unta beserta fungsinya:

Bagian dari: 40 Ciri Khusus Hewan Dan Fungsinya

Ciri khusus unta

  1. Memiliki satu atau dua gundukan di atas punggungnya yang disebut punuk. Fungsi punuk adalah untuk menyimpan cadangan makanan dalam bentuk lemak.
  2. Memiliki bulu mata yang tebal dengan dua baris alis. Fungsinya adalah untuk melindungi mata unta dari debu pasir.
  3. Memiliki rambut/bulu yang panjang dan tebal. Fungsinya adalah menjaga suhu tubuh.
  4. Mampu minum air sebanyak mungkin. Fungsinya adalah untuk bertahan hidup di gurun pasir.
  5. Telapak kakinya memiliki bantalan kaki yang lebar dan kasar. Fungsinya untuk membuatnya mampu bertahan berjalan jauh di gurun pasir yang panas.
  6. Sedikit mengeluarkan keringat, walaupun di suhu panas. Fungsinya adalah untuk mengurangi pengeluaran cairan tubuh mengingat di gurun pasir sangat jarang terdapat air.
  7. Telinga unta berukuran kecil serta ditutupi bulu, namun pendengarannya tajam. Fungsinya untuk mencegah debu atau pasir masuk ke telinga.
  8. Memiliki bibir yang lebar dan kuat. Fungsinya adalah untuk mendapatkan air dari kaktus. Struktur bibirnya mencegah duri kaktus melukainya.

One thought on “8 Ciri Khusus Unta dan Fungsinya

  1. Apakah benar jawaban ini sama
    Saya akan ditulis dibuku pr saya semoga bener ya😋😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *