8 Fungsi Daun

Daun adalah organ tumbuhan vaskuler berklorofil dan merupakan pertumbuhan lateral batang. Struktur daun tipis dan rata serta memiliki pori-pori yang disebut stomata. Daun dapat memiliki berbagai bentuk, ukuran, dan tekstur bergantung pada jenis tumbuhannya. Kebanyakan daun berada di atas tanah, namun ada juga beberapa spesies tumbuhan air yang daunnya terendam air. Tumbuhan non-vaskular seperti lumut memiliki struktur dan fungsi yang mirip daun. Berikut adalah fungsi-fungsi daun:

Fungsi daun

1. Fotosintesis

Fotosintesis merupakan fungsi utama daun bagi tumbuhan. Fotosintesis adalah pembuatan makanan oleh tumbuhan hijau melalui suatu proses biokimia pada klorofil dengan bahan pendukung seperti karbon dioksida, air, dan zat hara serta bantuan sinar matahari. Kemampuan ini membuat tumbuhan dikenal sebagai organisme autotrof yakni mampu membuat makanannya sendiri.

2. Sebagai Organ Pernapasan

Daun berperan sebagai organ pernapasan pada tumbuhan berupa pertukaran gas. Bagian daun yang bertanggung jawab atas fungsi ini adalah stomata. Stomata adalah pori yang sangat kecil pada epidermis bagian bawah daun. Stomata mengambil karbon dioksida dari udara untuk fotosintesis, kemudian mengeluarkan oksigen sebagai residu fotosintesis.

3. Tempat Terjadinya Proses Transpirasi

Transpirasi adalah proses pengeluaran uap air dan karbon dioksida dari jaringan hidup tanaman yang terletak di atas permukaan tanah salah satunya melewati stomata. Transpirasi dilakukan ketika tumbuhan kelebihan air. Ketika air berkurang, pengangkutan zat hara melalui xylem akan lebih cepat. Hampir 97% air yang ada di tanaman hilang melalui transpirasi stomata.

4. Tempat Terjadinya Proses Gutasi

Gutasi adalah suatu proses melepasnya air dalam wujud cair dari jaringan daun melalui lubang hidatoda di ujung daun. Perbedaannya dengan transpirasi adalah pada transpirasi air keluar dalam wujud gas, sedangkan pada gutasi dalam wujud cair. Gutasi ditandai dengan adanya tetesan air di tepi daun yang sering disebut sebagai “embun” meskipun bukan. Gutasi dilakukan tumbuhan untuk mengeluarkan zat atau air dari tumbuhan sehingga dapat diganti dengan air baru melalui akar.

5. Alat Perkembangbiakan Vegetatif

Beberapa spesies tumbuhan memiliki daun yang mampu menumbuhkan tunas individu baru apabila diletakkan di tanah gembur. Adanya tunas yang tumbuh pada daun tersebut disebut tunas adventif. Tunas pada daun akan tumbuh apabila diletakkan di atas tanah gembur. Contoh tanaman yang memiliki tunas adventif pada daunnya adalah cocor bebek.

6. Memicu Munculnya Bunga

Daun tanaman mampu mensintesis hormon pemicu bunga yang disebut florigen ke kuncup bunga.

7. Sebagai Tempat Penyimpanan Makanan

Daun berfungsi sebagai organ penyimpanan makanan bagi tanaman baik untuk sementara maupun jangka panjang. Pada siang hari, laju fotosintesis meningkat sehingga gula menumpuk di daun dan pati disintesis kemudian disimpan dalam kloroplas. Pada malam hari, pati dihidrolisis menjadi glukosa dan diubah menjadi sukrosa.

8. Menangkap Serangga

Pada beberapa tanaman insektivora seperti kantong semar dan tanaman venus, memiliki kemampuan khusus untuk menjebak serangga kemudian melepaskan enzim dan mencernanya untuk mendapatkan protein yang menjadi sumber nutrisi tanaman tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *