Pengertian Akuntansi (Artikel Lengkap)

Akuntansi adalah proses pencatatan, penggolongan, dan pelaporan informasi ekonomi untuk memungkinkan pengambilan keputusan yang tepat bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut. Selain sebagai proses, akuntansi juga disebut sebagai sebuah seni mencatat, menggolongkan, dan meringkas transaksi dan kejadian keuangan dengan cara tertentu dan dalam satuan uang. Akuntansi disebut bahasa bisnis karena hampir setiap kegiatan bisnis menggunakan akuntansi untuk menghitung dan mengambil keputusan berkaitan dengan bisnis. Dalam bahasa Inggris, akuntansi disebut accounting. Sedangkan orang yang berprofesi di bidang akuntansi disebut akuntan.

Pengertian akuntansi
Pengertian akuntansi

1. Asal Mula Kata Akuntansi

Etimologi akuntansi merupakan kata serapan bahasa Inggris accountancy. Istilah tersebut telah digunakan di Britania Raya sejak pertengahan 1800-an dan berasal dari kata accompting. Pada Bahasa Inggris Pertengahan (antara abad ke-12 hingga ke-15) disebut accounten yang berasal dari Bahasa Perancis Kuno aconter, yang berasal dari bahasa Latin computare yang memiliki kata dasar putare yang berarti “cara untuk menghitung dan berpikir”.

2. Arti Kata Akuntansi

Berikut adalah arti kata akuntansi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. Akuntansi merupakan nomina (kata benda) yang berarti:

  1. Teori dan praktik yang berkenaan dengan transaksi keuangan, termasuk tanggung jawab, prinsip, standar, kelaziman, dan semua kegiatannya.
  2. Hal pencatatan atau pengikhtisaran transaksi keuangan.

3. Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

  1. Menurut Rudianto, akuntansi adalah sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi suatu badan usaha.
  2. Menurut Charles Thomas Horngren dan Walter T. Harrison, akuntansi adalah suatu sistem informasi yang mengukur aktivitas bisnis, memproses data menjadi laporan, dan mengkomunikasikan hasilnya kepada para pengambil keputusan.
  3. Menurut George A. Mac Farland, akuntansi adalah suatu seni pencatatan, penggolongan, penyajian, serta penafsiran yang dilakukan secara sistematis dari informasi data keuangan perusahaan atau perseorangan.
  4. Menurut C. West Churman, akuntansi adalah pengalaman tertulis yang berguna untuk pengambilan keputusan dan pengalaman yang tersusun berharga bagi pembuatan pilihan.
  5. Menurut Abu Bakar A. dan Wibowo, akuntansi adalah prosedur mengakui, mencatat, dan korespondensi keuangan dari suatu organisasi.

4. Pengertian Akuntansi Menurut Berbagai Institusi

  1. Menurut American Accounting Association (AAA), akuntansi adalah proses identifikasi, mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.
  2. Menurut Menteri Keuangan Republik Indonesia dalam Keputusan Menteri Keuangan, akuntansi adalah sebuah proses pengumpulan, penganalisaan, pengklasifikasi, pencatatan, pelaporan, dan peringkasan terhadap transaksi keuangan dari kesatuan ekonomi untuk menyediakan informasi keuangan bagi yang membutuhkan informasi tersebut dan digunakan untuk pengambilan suatu keputusan.
  3. Menurut American Institute of Certified Accountant AICPA), akuntansi adalah suatu bentuk seni mencatat, mengikhtisarkan, dan mengelola dengan proses tertentu dan dalam ukuran moneter dan transaksi serta kejadian-kejadian yang biasanya bersifat keuangan dan menafsirkan hasil-hasilnya.
  4. Menurut Accounting Principle Board (APB), akuntansi adalah kegiatan jasa yang berfungsi menyediakan informasi kuantitatif terutama yang bersifat keuangan yang kemudian dapat digunakan untuk pengambilan keputusan ekonomi.

5. Istilah Lain yang Berkaitan dengan Akuntansi

Berikut adalah beberapa istilah yang berkaitan dengan akuntansi yang sering ambigu:

  1. Akun, adalah kumpulan semua transaksi keuangan.
  2. Akuntabilitas, adalah perihal pertanggungjawaban laporan keuangan.
  3. Akuntan, adalah ahli yang pekerjaannya menyusun, membimbing, mengawasi, dan memperbaiki tata buku dan administrasinya.
  4. Akunting, adalah penyusunan laporan semua transaksi menurut pedoman tertentu termasuk penciptaan, penggunaan, dan pengujian suatu sistem untuk mencatat semua transaksi dan menerangkan akibatnya. Akunting juga berarti laporan resmi dari penanggung jawab mengenai harta atau hasil transaksi perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *