Pengertian Komunikasi (Artikel Lengkap)

Komunikasi adalah suatu aktivitas pertukaran makna atau informasi dari satu pihak ke pihak lain yang dilakukan secara lisan, tulisan, atau dengan simbol tertentu yang dipahami kedua pihak. Komunikasi dapat dilakukan secara langsung yakni melalui tatap muka atau secara tidak langsung yakni melalui medium/perantara seperti telepon, televisi, majalah, koran, internet, dll. Dalam bahasa Inggris, “komunikasi” disebut communication.

Pengertian komunikasi

1. Asal Mula Kata Komunikasi

Etimologi komunikasi merupakan kata serapan dari bahasa Inggris communication yang sudah ada sejak awal abad ke-15 Masehi yang berasal dari bahasa Perancis Kuno comunicacion yang berasal dari bahasa Latin communicatio yang berarti “berbagi”.

2. Arti Kata Komunikasi

Berikut adalah arti kata komunikasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Komunikasi merupakan nomina (kata benda) yang berarti:

  • Pengiriman dan penerimaan berita antara dua orang atau lebih dengan cara yang tepat sehingga dipahami apa yang dimaksud.
  • Hubungan
  • Kontak

Terdapat pula arti kata “komunikasi massa” yang berarti:

  • Perhubungan dengan umum.
  • Hubungan dengan orang banyak.

Dan “berkomunikasi” yang merupakan verba (kata kerja) berarti:

  • Mengadakan komunikasi.
  • Berhubungan.

3. Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

Selengkapnya: 40 Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli
  1. Menurut Atep Aditya Barata, komunikasi adalah proses pengiriman dan penerimaan pesan, berita, atau informasi yang terjadi diantara dua orang atau lebih. Proses ini dilakukan secara efektif agar pesan yang disampaikan dapat dipahami oleh penerimanya.
  2. Menurut Stewart L. Tubbs dan  Sylvia Moss, komunikasi adalah proses makna diantara dua orang atau lebih.
  3. Menurut Shannon dan Weaver, komunikasi adalah interaksi yang saling mempengaruhi yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain baik disengaja maupun tidak. Komunikasi tidak terbatas pada bahasa verbal saja, namun juga pada ekspresi wajah, lukisan, teknologi, dll.
  4. Menurut Aristoteles, komunikasi adalah alat yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam proses demokrasi.
  5. Menurut Prof. Dr. Alo Liliweri, komunikasi adalah pengalihan suatu pesan dari satu sumber kepada penerima agar dapat dipahami.
  6. Menurut Everett M. Rogers, komunikasi adalah suatu proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada suatu penerimaan atau lebih dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka.
  7. Menurut Redi Panuju, komunikasi adalah arus sistem yang melekat serta kinerja antar bagian-bagian organisasi yang mengeluarkan suatu keharmonisan.
  8. Menurut Sarah Trenholm dan Arthur Jensen, komunikasi adalah suatu proses dimana sumber mentransmisikan pesan kepada penerima melalui beragam saluran.
  9. Menurut David K. Berlo, komunikasi adalah instrumen dari interaksi sosial yang berguna untuk mengetahui dan memprediksi setiap orang lain, juga untuk mengetahui keberadaan diri sendiri dalam menciptakan keseimbangan dengan masyarakat.
  10. Menurut Harorl D. Lasswell, komunikasi adalah suatu proses yang menjelaskan siapa, mengatakan apa, dengan saluran apa, kepada siapa, dengan akibat apa, atau hasil apa?

4. Komunikasi Antar Pribadi dan Dalam Organisasi

Komunikasi antar pribadi adalah proses saling bertukar informasi dan pemindahan pengertian antara dua individu atau lebih di dalam suatu kelompok kecil manusia.

Sedangkan komunikasi dalam organisasi adalah proses ketika pembicara memberikan informasi secara sistematis dan memindahkan pengertian kepada orang-orang di dalam organisasi dan juga kepada orang-orang dan lembaga-lembaga di luar organisasi namun masih terkait dengan organisasi tersebut.

5. Pengertian Komunikasi Sebagai Aktivitas Simbolis dan Suatu Proses

Komunikasi sebagai aktivitas simbolis adalah kegiatan berkomunikasi dengan menggunakan simbol-simbol bermakna yang diubah ke dalam kata-kata (verbal) untuk ditulis dan diucapkan atau simbol nonverbal untuk diperagakan. Simbol tersebut dapat berupa objek, tindakan, atau aktivitas manusia yang mewakili makna tertentu.

Komunikasi sebagai suatu proses adalah aktivitas komunikasi yang dinamis, terus berlangsung, dan berkesinambungan sehingga individu penerima mengalami perubahan secara bertahap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *