Pengertian Paragraf (Artikel Lengkap)

Paragraf adalah suatu kumpulan dari kesatuan pikiran yang kedudukannya lebih tinggi dan lebih luas daripada kalimat. Paragraf juga berarti kumpulan dari beberapa kalimat dengan pokok pikiran utama sebagai pengendali. Paragraf terdiri dari kalimat utama sebagai pokok pikiran dan kalimat penjelas. Jenis-jenis paragraf dapat dibagi berdasarkan letak kalimat utamanya yaitu deduktif (awal), induktif (akhir), dan campuran (awal dan akhir paragraf). Dalam bahasa Inggris, “paragraf” disebut paragraph.

Pengertian paragraf
Pengertian paragraf

1. Asal Mula Kata Paragraf

Etimologi paragraf merupakan kata serapan bahasa Inggris paragraph yang berasal dari bahasa Yunani Kuno παράγραφος (paragraphos) yang secara harfiah berarti “menulis di samping” atau “tertulis di samping”.

2. Arti Kata Paragraf

Berikut adalah arti kata paragraf menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. Paragraf merupakan nomina (kata benda) yang berarti:

  1. Bagian bab dalam suatu karangan (biasanya mengandung satu ide pokok dan penulisannya dimulai dengan garis baru).

3. Pengertian Paragraf Menurut Para Ahli

  1. Menurut Maidar Akhadiah, paragraf adalah inti penuangan buah pikiran yang didukung oleh semua kalimat dalam paragraf tersebut, mulai dari kalimat pengenal, kalimat utama atau kalimat topik, kalimat penjelas sampai pada kalimat penutup.
  2. Menurut Mukhsin Ahmadi, paragraf adalah suatu satuan pikiran atau perasaan, suatu satuan susunan teratur satuan-satuan yang lebih kecil (kalimat-kalimat) dan berfungsi sebagai bagian dari suatu satuan yang lebih besar (keseluruhan komposisi).
  3. Menurut Jiang Gie dan A. Didyamartaya, paragraf adalah satuan pembagian lebih kecil di bawah sesuatu bab dalam buku, biasanya diberi angka Arab.
  4. Menurut Lamuddin Finoza, paragraf adalah satuan bentuk bahasa yang biasanya merupakan hasil penggabungan beberapa kalimat.
  5. Menurut Uti Darmawati dan Anton Suparyanto, paragraf adalah bagian dalam suatu karangan yang memiliki gagasan pokok.

4. Sinonim Paragraf

  1. Alinea, adalah bagian wacana yang mengungkapkan satu pikiran yang lengkap atau satu tema yang dalam ragam tulis ditandai oleh baris pertama yang menjorok ke dalam atau jarak spasi yang lebih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *