Pengertian Seni Reklame (Artikel Lengkap)

Seni reklame adalah seni yang memiliki fungsi sebagai alat penyeru terhadap orang banyak (Mudah, 2009). Maka dari itu, suatu reklame dibuat semenarik mungkin untuk menarik perhatian khalayak. Reklame merupakan bagian kecil dari iklan. Reklame lebih berfokus pada perangkat keras yang merupakan salah satu alternatif dalam periklanan. Seni reklame tidak hanya dibahas dalam ruang lingkup seni saja, tetapi juga bidang pemasaran dan hubungan masyarakat (Ristanto, 2011).

1. Asal Mula Kata Seni Reklame

Seni reklame terdiri dari “seni” dan “reklame”. Menurut I Gusti Bagus Sugriwa, etimologi seni berasal dari bahasa Sansekerta sani yang berarti persembahan, pelayanan, pemberian yang tulus. Sedangkan menurut Padmapusphita, “seni” berasal dari bahasa Belanda genie yang dalam bahasa Latin disebut genius yang berarti kemampuan luar biasa yang dibawa sejak lahir. Sementara etimologi reklame berasal dari bahasa Latin yakni re- yang berarti “perulangan” dan clamo (clomos) yang berarti “menyerukan” (Ristanto, 2011). Sehingga secara harfiah seni reklame berarti suatu kemampuan menyerukan secara berulang-ulang.

2. Arti Kata Seni Reklame

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, tidak terdapat arti kata “seni reklame” sehingga dibagi menjadi “seni” dan “reklame”. Berikut adalah arti kata seni menurut KBBI. Seni adalah nomina (kata benda) yang berati:

  1. Keahlian membuat karya yang bermutu (dilihat dari segi kehalusannya, keindahannya, dan sebagainya).
  2. Karya yang diciptakan dengan keahlian yang luar biasa, seperti tari, lukisan, ukiran.

Sedangkan berikut adalah arti kata reklame menurut KBBI. Reklame merupakan nomina (kata benda) yang berarti:

  1. Pemberitahuan kepada umum tentang barang dagangan dengan kata-kata yang menarik, gambar, dan sebagainya supaya laku; iklan.

Sehingga secara harfiah, seni reklame berarti suatu karya yang bermutu yang bertujuan memberitahu kepada umum tentang suatu barang dagangan.

Daftar Pustaka:

  • Mudah, Nikmah. 2009. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Tayu Kab. Pati Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.
  • Ristanto, Ryan Pradita. 2011. Studi Ekologi Media Tentang Reklame Bando pada Persaingan Perusahaan Periklanan di Jalan Utama Kota Malang (Studi Reklame Bando di Jalan Jend. A. Yani ― Basuki Rachmat). Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang.
  • Tim Redaksi Kamus Bahasa Indonesia. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *