Silahkan atau Silakan — Kata Baku Menurut KBBI

Silahkan atau silakan adalah dua kata yang sering membuat kita terkecoh. Mana yang benar? Silakan atau silahkan? Langsung saja kita simak Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI):

1. Arti Kata Silahkan

Tidak ada kata “silahkan” di Kamus Besar Bahasa Indonesia.

2. Arti Kata Silakan

Menurut KBBI, “silakan” bukan merupakan kata dasar, melainkan kata turunan dari “sila” yang diberi imbuhan “-kan”. Menurut KBBI, kata “sila” yang menjadi kata dasar dari “silakan” merupakan verba (kata kerja) yang berarti “menyilakan”. Sedangkan “menyilakan” merupakan verba yang berarti “minta (menyuruh, mengajak, mengundang) dengan hormat oleh tuan rumah supaya tamu-tamu masuk“. Terdapat total tiga arti lain dari kata “sila”.

Dalam KBBI, tercantum pula arti kata “silakan” yang merupakan verba (kata kerja) yang berarti “sudilah kiranya (kata perintah yang halus) untuk duduk“.

3. Kesimpulan

“Silakan” merupakan kata yang baku menurut KBBI, karena tidak terdapat kata “silahkan” disana. Silakan merupakan kata turunan dari “sila” yang diberi akhiran “-kan”. Pada umumnya, orang-orang sangat sering salah dalam mengucapkan kata ini menjadi “silahkan” baik itu secara lisan maupun tulisan. Kemungkinan besar hal tersebut dikarenakan pengucapan “silakan” dengan tambahan huruf “h” lebih enak di lidah orang Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *